Program Tahunan Matematika Kelas 7-9
Sekolah :
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Kelas / Semester :
VII / 1 dan 2
Tahun pelajaran :
Target Nilai Portah :
55
Sem
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
1
|
BILANGAN
1.
Memahami sifat-sifat operasi hitung
bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
Ø Bilangan
Bulat dan Bilangan Pecah
|
|
|
1.2 Menggunakan
sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han
masalah.
|
Ø Bilangan
Bulat dan Bilangan Pecah
|
|
|
||
ALJABAR 2. Memahami
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
2.1
Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya
|
Ø Bentuk
aljabar
|
|
|
|
2. 2 Melakukan
operasi pada bentuk aljabar
|
Ø Bentuk
aljabar
|
|
|
||
2.3.Menyelesaikan
pesamaan linear satu variabel.
|
Ø Persamaan
linear satu variabel
|
|
|
||
2.4.
Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.
|
Ø Pertidaksama
an linear satu variabel
|
|
|
||
ALJABAR 3. Menggunakan bentuk
aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel,
|
3.1 Membuat
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
Ø Persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
|
|
|
3.2 Menyelesai kan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu
variabel
|
Ø Persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
|
|
||
3.3 Mengunakan
konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
|
Ø Perbandingan
dan aritmetika sosial
|
|
|
||
3.4 Mengguna kan
perbandingan untuk pemecahan masalah
|
Ø Perbandingan
|
|
|
||
Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER
1
|
|
|
|||
2
|
ALJABAR
4. Menggunakan
konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
|
4.1 Memahami pengertian
dan notasi himpunan, serta penyajiannya
|
Ø Himpunan
|
|
|
4.2
Memahami konsep himpun an bagian
|
Ø Himpunan
|
|
|
||
4.3 Melaku kan
operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan
|
Ø Himpunan
|
|
|
||
4.4 Menyaji kan
himpunan dengan diagram Venn
|
Ø Himpunan
|
|
|
||
4.5 Menggu nakan konsep
himpunan dalam pemecahan masalah
|
Ø Himpunan
|
|
|
||
GEOMETRI
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis
dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
|
5.1Menentukan
hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
|
Ø Garis dan
Sudut
|
|
|
|
5.2 Mema hami
sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis
sejajar berpotongan dengan garis lain
|
Ø Garis dan
sudut
|
|
|
||
5.3 Melukis
sudut
|
Ø Garis dan
sudut
|
|
|
||
5.4 Membagi
sudut
|
Ø Garis dan
sudut
|
|
|
||
GEOMETRI
6. Memahami konsep
segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
|
6.1 Mengidenti
fikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
|
Ø Segiempat
dan segitiga
|
|
|
|
6.2
Menginden ti fikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium,
jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
|
Ø Segiempat
dan segitiga
|
|
|
||
6.3 Menghi tung keliling dan luas bangun
segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Ø Segiempat
dan segitiga
|
|
|
||
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi,
garis berat dan garis sumbu
|
Ø Segitiga
|
|
|
||
Ulangan Harian
|
|
|
|||
Ulangan Mid Semester
|
|
|
|||
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER
2
|
|
|
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : MTs.
........................
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Kelas / Semester :
VIII / 1 dan 2
Tahun pelajaran :
Target Nilai Portah : 55
Sem
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
1
|
ALJABAR
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan
persamaan garis lurus
|
Melakukan operasi aljabar
|
Ø Bentuk
aljabar
|
|
|
1.2 Mengurai kan bentuk aljabar
ke dalam faktor-faktornya
|
Ø Bentuk
aljabar
|
|
|
||
1.3 Memahami relasi dan fungsi
|
Ø Relasi dan
fungsi
|
|
|
||
1.4 Menentu kan nilai fungsi
|
Ø Fungsi
|
|
|
||
1.5 Membuat sketsa grafik
fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
|
Ø Fungsi
|
|
|
||
1.6 Menentu kan gradien,
persamaan garis lurus
|
Ø Garis Lurus
|
|
|
||
ALJABAR
2. Memahami sistem persamaan linear dua
variabel dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah
|
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan
linear dua variabel
|
Ø Sistem
Persamaan Linear Dua variabel
|
|
|
|
2.2 Membuat model matemati ka
dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
|
Ø Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel
|
|
|
||
2.3Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
|
Ø Sistem Persamaan
Linear Dua Variabel
|
|
|
||
GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan
masalah
|
Geometri dan
Pengukuran
3.1 Mengguna kan Teorema Pythagoras dalam pemecahan
masalah
|
Ø Teorema
Pythagoras
|
|
|
|
3.2 Memecahkan masalah
pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
|
Ø Teorema
Pythagoras
|
|
|
||
Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER
1
|
|
|
|||
2
|
GEOMETRI DAN
PENGUKURAN
4. Menentukan
unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
|
4.1 Menentu
kan unsur dan bagian-bagian lingkaran
|
Ø Lingkaran
|
|
|
4.2 Menghitung
keliling dan luas lingkaran
|
Ø Lingkaran
|
|
|
||
|
4.3 Menggunakan hubungan sudut
pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
|
Ø Lingkaran
|
|
|
|
|
4.4 Menghitung panjang garis
singgung persekutuan dua lingkaran
|
Ø Lingkaran
|
|
|
|
|
4.5 Melukis lingkaran dalam dan
lingkaran luar suatu segitiga
|
Ø Lingkaran
|
|
|
|
GEOMETRI DAN
PENGUKURAN
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan
bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
5.1 Mengiden tifikasi
sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya
|
Ø Kubus,
balok, prisma tegak, limas
|
|
|
|
5.2 Membuat jaring-jaring kubus,
balok, prisma dan limas
|
Ø Kubus,
balok, prisma tegak, limas
|
|
|
||
5.3 Menghitung luas permukaan dan
volume kubus,balok, prisma dan limas
|
Ø Kubus,
balok, prisma tegak, limas
|
|
|
||
|
Ulangan Harian
|
|
|
||
|
Ulangan Mid Semester
|
|
|
||
|
Remidi+Pengayaan
|
|
|
||
JUMLAH SEMESTER
2
|
|
|
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : MTs. ........................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : IX / 1
dan 2
Tahun pelajaran :
Target Nilai Portah
: 55
Sem
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
1
|
GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
1.
Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengiden tifikasi bangun-bangun datar
yang sebangun dan kongruen
|
Ø Kesebangunan
|
|
|
1.2 Mengiden tifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
|
Ø Kesebangunan
|
|
|
||
1.3 Mengguna kan konsep kesebangunan
segitiga dalam pemecahan masalah
|
Ø Kesebangunan
|
|
|
||
GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut
dan bola, serta menentukan ukurannya
|
2.1 Mengiden tifikasi unsur-unsur tabung,
kerucut dan bola
|
Ø Tabung,
kerucut, dan bola
|
|
|
|
2.2 Menghitung luas
selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
|
Ø Tabung,
kerucut, dan bola
|
|
|
||
2.3 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan tabung,
kerucut dan bola
|
Ø Tabung, kerucut,
dan bola
|
|
|
||
STATISTIKA
DAN PELUANG
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
|
3.1 Menentu kan rata-rata, median,
dan modus data tunggal serta penafsirannya
|
Ø Statistika
|
|
|
|
3.2.Menyajikan data dalam bentuk tabel dan
diagram batang, garis, dan lingkaran
|
Ø Statistika
|
|
|
||
STATISTIKA
DAN PELUANG
4. Memahami
peluang kejadian sederhana
|
4.1 Menentu kan ruang
sampel suatu percobaan
|
Ø Peluang
|
|
|
|
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
|
Ø Peluang
|
|
|
||
Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER
1
|
|
|
|||
2
|
BILANGAN
5. Memahami sifat-sifat
bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah sederhana
|
5.1 Mengiden tifikasi
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Ø Bilangan
berpangkat dan Bentuk Akar
|
|
|
5.2 Melakukan operasi aljabar
yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
|
Ø Bilangan
berpangkat dan Bentuk Akar
|
|
|
||
5.3 Memecah kan masalah
sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Ø Bilangan
berpangkat dan Bentuk Akar
|
|
|
||
BILANGAN
6. Memahami barisan dan deret bilangan serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menentu kan pola barisan
bilangan sederhana.
|
Ø Barisan dan
Deret Aritmetika
Ø Barisan dan
Deret Geometri
|
|
|
|
6.2 Menentu kan suku ke-n
barisan aritmatika dan barisan geometri
|
Ø Barisan dan
Deret Aritmetika
Ø Barisan dan
Deret Geometri
|
|
|
||
6.3 Menentu kan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret
geometri
|
Ø Barisan dan
Deret Aritmetika
Ø Barisan dan
Deret Geometri
|
|
|
||
6.4 Memecah kan masalah yang
berkaitan dengan barisan dan deret
|
Ø Barisan dan
Deret Aritmetika
Ø Barisan dan
Deret Geometri
|
|
|
||
Ulangan Harian
|
|
|
|||
Ulangan Mid Semester
|
|
|
|||
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER
2
|
|
|
Komentar
Posting Komentar