Program Tahunan Matematika Kelas 7-9


Sekolah                   :
Mata Pelajaran            :  MATEMATIKA
Kelas / Semester          :  VII  / 1 dan 2
Tahun pelajaran           : 
Target Nilai Portah     :  55

Sem
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket
1
BILANGAN
1.     Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
1.1  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Ø  Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah



1.2  Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah.

Ø  Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah



ALJABAR                              2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya

Ø  Bentuk aljabar



2. 2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar

Ø  Bentuk aljabar


2.3.Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel.

Ø  Persamaan linear satu variabel


2.4. Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.

Ø  Pertidaksama an linear satu variabel


ALJABAR                                  3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel,
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Ø  Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel


3.2 Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

Ø  Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel


3.3 Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana

Ø  Perbandingan dan aritmetika sosial


3.4 Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah
Ø  Perbandingan


Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  1


2
ALJABAR
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
4.1  Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
Ø  Himpunan



4.2 Memahami konsep himpun an bagian

Ø  Himpunan


4.3 Melaku kan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan


Ø  Himpunan


4.4  Menyaji kan himpunan dengan diagram Venn


Ø  Himpunan


4.5  Menggu nakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah

Ø  Himpunan


GEOMETRI
5.  Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
5.1Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut

Ø  Garis dan Sudut



5.2 Mema hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain

Ø  Garis dan sudut


5.3 Melukis sudut



Ø  Garis dan sudut


5.4 Membagi sudut



Ø  Garis dan sudut


GEOMETRI
6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
6.1 Mengidenti fikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya

Ø  Segiempat dan segitiga



6.2 Menginden ti fikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang

Ø  Segiempat dan segitiga



6.3  Menghi tung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

Ø  Segiempat dan segitiga



6.4  Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

Ø  Segitiga


Ulangan Harian



Ulangan Mid Semester



Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  2





                    PROGRAM TAHUNAN


Sekolah                       :  MTs. ........................
Mata Pelajaran            :  MATEMATIKA
Kelas / Semester          :  VIII  / 1 dan 2
Tahun pelajaran           :  
Target Nilai Portah     :  55

Sem
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket
1
ALJABAR
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

            Melakukan operasi aljabar

Ø  Bentuk aljabar


1.2 Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya

Ø  Bentuk aljabar


1.3 Memahami relasi dan fungsi

Ø  Relasi dan fungsi


1.4 Menentu kan nilai fungsi

Ø  Fungsi


1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius

Ø  Fungsi


1.6 Menentu kan gradien, persamaan garis lurus

Ø  Garis Lurus


ALJABAR
2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel

Ø  Sistem Persamaan Linear Dua variabel


2.2 Membuat model matemati ka dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel

Ø  Sistem Persamaan Linear Dua Variabel


2.3Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya

Ø  Sistem Persamaan Linear Dua Variabel


GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
Geometri dan Pengukuran
3.1  Mengguna  kan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

Ø  Teorema Pythagoras


3.2  Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras

Ø  Teorema Pythagoras


Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  1


2
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya

4.1 Menentu kan unsur dan bagian-bagian lingkaran

Ø  Lingkaran


4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
Ø  Lingkaran



4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah

Ø  Lingkaran



4.4 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran

Ø  Lingkaran



4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga
Ø  Lingkaran


GEOMETRI DAN PENGUKURAN
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya

Ø  Kubus, balok, prisma tegak, limas


5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas

Ø  Kubus, balok, prisma tegak, limas


5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus,balok, prisma dan limas

Ø  Kubus, balok, prisma tegak, limas



Ulangan Harian




Ulangan Mid Semester




Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  2

      

PROGRAM TAHUNAN


Sekolah                       :  MTs. ........................
Mata Pelajaran            :  MATEMATIKA
Kelas / Semester          :  IX  / 1 dan 2
Tahun pelajaran           : 
Target Nilai Portah     :  55

Sem
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket
1
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
1.1 Mengiden tifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen

Ø  Kesebangunan


1.2 Mengiden tifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen

Ø  Kesebangunan


1.3 Mengguna kan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
Ø  Kesebangunan


GEOMETRI DAN PENGUKURAN
2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
2.1 Mengiden tifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola

Ø  Tabung, kerucut, dan bola


2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola


Ø  Tabung, kerucut, dan bola


2.3 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
Ø  Tabung, kerucut, dan bola


STATISTIKA DAN PELUANG
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
3.1 Menentu kan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
Ø  Statistika


3.2.Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran

Ø  Statistika


STATISTIKA DAN PELUANG
4. Memahami peluang kejadian sederhana
4.1   Menentu kan ruang sampel suatu percobaan

Ø  Peluang


4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana

Ø  Peluang


Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  1


2
BILANGAN
5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar


Ø  Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar


5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

Ø  Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar


5.3 Memecah kan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
Ø  Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar


BILANGAN
6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
6.1 Menentu kan pola barisan bilangan sederhana.

Ø  Barisan dan Deret Aritmetika

Ø  Barisan dan Deret Geometri


6.2 Menentu kan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri

Ø  Barisan dan Deret Aritmetika

Ø  Barisan dan Deret Geometri


6.3 Menentu kan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri

Ø  Barisan dan Deret Aritmetika

Ø  Barisan dan Deret Geometri


6.4 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
Ø  Barisan dan Deret Aritmetika

Ø  Barisan dan Deret Geometri


Ulangan Harian



Ulangan Mid Semester



Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  2



   



Komentar

Postingan Populer