Menpora Bakal Pidanakan PT Liga Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengecam keberanian dua klub asal Jawa Timur yang menentang keputusan pemerintah. Baik Arema Cronus maupun Persebaya Surabaya tetap menjalankan pertandingan Indonesia Super League (ISL) musim 2015.
Padahal sebelumnya, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) tidak memberikan rekomendasi pada dua klub tersebut untuk mengikuti ISL. Terkait pelanggaran Arema dan Persebaya, Imam menilai PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi telah menyalahi Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional.
Bahkan pria kelahiran Surabaya itu tak sungkan akan menghukum PT Liga jika tetap menyertakan 18 tim, bukan 16 seperti yang telah direkomendasikan sebelumnya.
"Saya sangat kecewa PT Liga tetap menyertakan 18 klub. Jika merujuk pada Undang-Undang yang ada, PT Liga bisa dihukum kurungan dua tahun penjara serta denda Rp 2 miliar. Untuk dua klub, Arema dan Persebaya akan kami berikan sanksi yang lebih tegas dari sebelumnya," kata Imam, saat rapat dengar pendapat dengan komisi X DPR, Senin (6/4).
Sementara ketua BOPI, M. Noor Aman, meminta kepada 16 klub yang lolos rekomendasi untuk tidak meladeni dua klub asal Jawa Timur tersebut. Tidak hanya itu, BOPI juga bakal merekomendasikan kedua klub tersebut untuk dibubarkan. Hanya saja BOPI tidak ingin gegabah mengambil keputusan.

Komentar

Postingan Populer