Klasifikasi Decline Curve atas dasar Metode Loss Ratio

1.      Exponential Decline Curve
 Exponential Decline Curve disebut juga Geometric Decline atau Semilog Decline atau Constant Percentage Decline mempunyai ciri khas yaitu penurunan produksi pada suatu interval waktu tertentu sebanding dengan laju produksinya. Lebih jelasnya dapat dilihat pada persamaan di bawah ini :
dimana :
D         = nominal decline rate
q          = laju produksi pada waktu t
dq/dt   = penurunan produksi terhadap waktu
    Nilai D pada exponential decline curve adalah konstan. Tanda negatif ditambahkan pada sisi kanan agar D bernilai positif.

    Atas dasar hubungan di atas, apabila variabel-variabelnya dipisahkan maka dapat ditarik beberapa macam hubungan yaitu hubungan antara laju produksi terhadap waktu dan hubungan laju produksi terhadap produksi kumulatif.

2.  Exponential Decline Curve
Hyperbolic decline curve adalah suatu tipe kurva dimana harga loss ratio mengikuti deret hitung, sehingga turunan pertama loss ratio terhadap waktu mempunyai harga konstan atau relatif konstan. 

3.   Harmonic Decline Curve
Harmonic decline curve merupakan bentuk khusus dari hyperbolic decline curve dimana turunan pertama loss ratio terhadap waktu (b) sama dengan 1. Sama seperti dua tipe sebelumnya hubungan laju produksi terhadap waktu dan hubungan laju produksi terhadap produksi kumulatif juga dapat diperoleh dari tipe decline ini.

Komentar

Postingan Populer