Silabus Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas 7
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis,
analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah
menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
3.2 Menjelaskan
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan
dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
|
Himpunan
·
Pengertian Himpunan
·
Himpunan Semesta
·
Himpunan Kosong
·
Diagram Venn
·
Relasi Himpunan
·
Operasi Himpunan
|
Mengamati
§ Mengamati
peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan
penggunaan konsep himpunan,
seperti kumpulan hewan,
kumpulan alat tulis, kumpulan tumbuhan, dan lain sebagainya
§ Mengamati tayangan gambar/video misalkan
tentang peserta
piala dunia masing-masing grup, kumpulan hewan, buah-buahan, kendaraan bermotor, atau kegiatan di pasar
dan lain sebagainya.
§ Mengamati
tayangan gambar/video misalkan negara peserta piala dunia yang diawali huruf
‘S’, ‘B’ atau huruf lainnya, dan sebagainya
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana mengelompokkan suatu benda?
Apa kriteria yang
digunakan? Mana yang masuk anggota kelompok dan mana bukan?
Misalkan coba kelompokan mana dari tanyangan video/gambar, negara peserta
grup A? Sebutkan nama siswa yang berawalan huruf K yang ada dikelasmu?
§ Siswa
termotivasi untuk berdiskusi
dan mempertanyakan
tentang himpunan, missal:
apa kriteria untuk mengelompok benda telah jelas? Adakah kelompok benda tanpa
kriteria yang jelas? Bagaimana kaitannya dengan himpunan?
Mengeksplorasi
§ Menjelaskan, menguraikan, mendeskripsikan kriteria yang
digunakan untuk mengkalisifikasi dan mengelompokkan benda-benda
§ Menjelaskan himpunan melalui contoh dengan bantuan
diagram, gambar atau cara lainnya
§ Menyebut
dan menuliskan mana yang
merupakan himpunan dan bukan himpunan atau kumpulan benda
dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda dari hasil pengamatan
§ Berdiskusi, membahas, menjelaskan dan menuliskan cara
menyajikan himpunan: dengan mendaftar anggota-anggotanya, dengan kata-kata,
diagram dan dengan notasi pembentuk himpunan berdasarkan pengelompokan dari
hasil pengamatan
§ Berdiskusi, membahas, dan memilih cara penyjian
himpunan berdasarkan karakteristik anggotanya
§ Menentukan anggota dan banyak anggota himpunan dari
kelompok tertentu berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§ Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan himpunan
kosong, nol, berhingga, tak berhingga menggunakan konteks nyata
§ Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan jenis, cakupan
dan karakteristik himpunan semesta dari kelompok benda/ himpunan bilangan
berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§ Menjelaskan karakteristik dan menentukan himpunan
bagian dan banyaknya himpunan bagian dari kelompok benda/ himpunan
berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§
§ Mendeskripsikan dan menentukan komplemen dari kelompok
benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§ Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menentukan
karakteristik keanggotaan dan hasil irisan dari dua atau lebih dari kelompok
benda/himpunan
§ Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menuliskan
hasil gabungan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§ Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menuliskan hasil pengurangan atau
selisih dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§
§ Menggambar berbagai bentuk diagram venn dari dua atau
lebih dari kelompok benda/himpunan
§ Menjelaskan dan menyebutkan hubungan himpunan dari dua
atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§ Diskusi menyelesaikan dari dua atau lebih dari kelompok
benda/himpunan permasalahan dalam keseharian yang melibatkan konsep himpunan
Mengasosiasi
§ Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep himpunan
dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
§ Menganalisis, mengkaitkan, dan mendeskripsikan
perbedaan yang merupakan himpunan dan bukan himpunan
§ Menganalisis
dan meyimpulkan perbedaan
himpunan nol dan himpunan kosong
§ Menganalisis, merumuskan dan menyimpulkan himpunan
kosong merupakan himpunan bagian dari setiap kelompok himpunan manapun
§ Menganalisis dan membandingkan operasi-operasi yang
berlaku pada himpunan dengan operasi aljabar pada bilangan
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil
diskusi dan pengamatan
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan himpunan
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah tokoh teori himpunan
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa
ingin tahu
§ dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan himpunan kemudian didskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan lembar
kerja berkaitan dengan himpunan:
§ himpunan bagian
§ komplemen
§ operasi
himpunan
§ diagram
Venn
|
20 JP
|
Buku teks matematika Kelas
7 Kemdikbud,
Benda di lingkungan.
|
3.1 Membandingkan dan mengurutkan berbagai
jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat
dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
|
Bilangan
·
Bilangan Bulat
·
Operasi Hitung
Bilangan Bulat
·
Perpangkatan Bilangan
Bulat
·
Bilangan Pecahan
·
Operasi Hitung
Bilangan Pecahan
·
Bilangan Rasional
|
Mengamati
§ Mengamati
peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan
penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda,
ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
§ Mengamati
tayangan video/gambar misalkan tentang
keadaan suhu diberbagai negara, ketinggian suatu wilayah di berbagai daerah
§ Mengamati
peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan
penggunaan bilangan pecahan, seperti potongan benda/buah atau potongan dari
gambar benda/buah, dan sebagainya
§ Mengamati
tayangan video/gambar misalkan tentang selembar kain/kertas yang dipotong
menjadi beberapa bagian, kue ulang tahun yang dipotong-potong untuk
dibagikan, dan sebagainya
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana dulu manusia mengenal
dan menggunakan bilangan? Sejak kapan siswa menggunakan bilangan dan untuk
apa? Apa perbedaan bilangan asli, bilangan cacah
§ Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal: adalah
bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer
menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol?
Adakah hasil bagi dengan nol? Dan sebagainya
Mengeksplorasi
Penjumlahan
§ Menyebut
dan menuliskan berbagai bilangan dari berbagai kumpulan benda atau gambar
benda
§ Membandingkan
dan mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil
§ Menggambar
garis bilangan dan menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan yang
tepat
§ Menulis
bentuk penjumlahan dari berbagai gabungan dua kumpulan benda
§ Mengingat
dan mencongak penjumlahan bilangan sampai 20 dengan berbagai cara
§ Menentukan
nilai tempat suatu angka pada sebuah bilangan
§ Menyimpulkan
sifat penjumlahan dengan bilangan nol dan sifat hasil penjumlahan berbagai
bilangan dengan berbagai urutan
§ Menjumlah
dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Pengurangan
§ Menulis
bentuk pengurangan dari pengambilan sejumlah benda dari sekumpulan benda
§ Menuliskan
bentuk pengurangan dari bentuk penjumlahan yang diberikan atau sebaliknya
§ Mengingat
dan mencongak pengurangan bilangan sampai 20 dengan berbagai cara
§ Menyimpulkan
sifat pengurangan dengan bilangan nol
§ Mengurang
dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Perkalian
§ Menulis
bentuk perkalian dari sejumlah benda yang terbagi ke dalam kelompok-kelompok
benda dengan jumlah yang sama dan menghitung hasilnya
§ Menulis
bentuk perkalian dari bentuk penjumlahan berulang dan menghitung hasilnya
§ Mengingat
dan mencongak perkalian bilangan sampai 100 dengan berbagai cara
§ Menyimpulkan
sifat perkalian dengan satu dan sifat hasil perkalian berbagai bilangan
dengan berbagai urutan
§ Menghitung
hasil perkalian dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau
cara lainnya
Pembagian
§ Menulis
bentuk pembagian dari sejumlah/sekelompok benda yang diberikan kepada
sejumlah orang dengan jumlah yang sama dan menghitung berapa orang yang
mendapat bagian yang sama
§ Menulis
bentuk pembagian dari bentuk pengurangan berulang
§ Menulis
bentuk pembagian dari bentuk perkalian yang diberikan dan sebaliknya
§ Mengingat
dan mencongak pembagian bilangan sampai 100 dengan berbagai cara
§ Menyimpulkan
sifat pembagian dengan satu, serta sisa hasil pembagian
§ Menghitung
hasil pembagian dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau
cara lainnya
Operasi campuran
§ Menghitung
hasil operasi campuran yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian
dan pembagian bilangan cacah sesuai aturan
Operasi bilangan bulat
§ Menuliskan
bilangan dari fenomena sehari-hari yang berkaitan dengan temperatur atau suhu
berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
§ Membandingkan
bilangan negatif melalui konteks sehari-hari yang relevan melalui istilah
lebih dingin, lebih tinggi dan sebagainya dari kejadian sehari-hari
§ Membandingkan
dan mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil
§ Menggambar
garis bilangan dan menempatkan sekelompok bilangan bulat pada garis bilangan
yang tepat
§ Menjumlah
dan mengurang dua bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan atau cara
lainnya
§ Menghitung
hasil perkalian bilangan bulat melalui penjumlahan berulang atau cara lainnya
§ Menemukan
cara dan menghitung hasil pembagian bilangan bulat dari bentuk perkaliannya
atau cara lainnya
§ Menyimpulkan
sifat penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat
Operasi bilangan pecahan
§ Menuliskan
nilai pecahan dari fenomena sehari-hari seperti pemotongan benda menjadi
beberapa bagian dan sebagainya
§ Menyatakan
suatu pecahan ke dalam berbagai bentuk gambar dan sebaliknya
§ Menggambar
garis bilangan dan menempatkan sekelompok pecahan pada garis bilangan yang
tepat
§ Menyatakan
suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang senilai dengan berbagai cara
§ Membandingkan
dan mengurutkan sekelompok pecahan dari terkecil melalui representasi gambar
atau kedudukannya dalam garis bilangan atau cara lainnya
§ Menghitung
hasil penjumlahan pecahan melalui representasi gambar
§ Menjumlah
dan mengurang pecahan berpenyebut sama
§ Menjumlah
dan mengurang pecahan berpenyebut tidak sama dengan mengubah pecahan-pecahan
ke bentuk pecahan lain dengan penyebut sama
§ Menghitung
hasil perkalian pecahan melalui representasi gambar, secara aljabar atau cara
lainnya
§ Menemukan
cara dan menghitung hasil pembagian pecahan dari bentuk perkaliannya
§ Mengubah
pecahan ke bentuk desimal dan persen
§ Melakukan
penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pecahan desimal dengan cara
susun pendek atau cara lainnya
§ Menghitung
hasil operasi campuran yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian
dan pembagian bilangan bulat dan pecahan sesuai aturan
Mengasosiasi
§ Menganalisis
dan menyimpulkan melalui penalaran induktif (dalam bentuk verbal) bahwa tidak
ada bilangan terkecil atau terbesar,artinya jika diberikan sembarang bilangan
selalu dapat ditunjukkan bilangan yang lebih besar atau lebih kecil dari
bilangan yang diberikan
§ Menganalisis
dan menyimpulkan penjumlahan bersifat komutatif (dapat dipertukarkan) melalui
pengamatan pola atau secara aljabar
§ Menunjukkan
melalui contoh bahwa pengurangan dan pembagian tidak bersifat komutatif
§ Menganalisis
dan menyimpulkan perkalian bersifat komutatif (dapat dipertukarkan) melalui
pengamatan pola atau secara aljabar
§ Menunjukkan
bahwa perkalian dengan nol hasilnya nol melalui contoh atau secara aljabar
§ Menganalisis
dan menyimpulkan penjumlahan dan perkalian bersifat asosiatif (dapat
dikelompokkan urutan operasinya) melalui pengamatan pola atau secara aljabar
§ Menganalisis
dan menyimpulkan sifat distributif (penyebaran) penjumlahan/pengurangan
terhadap perkalian/pembagian melalui pengamatan pola atau secara aljabar
§ Menganalisis,
mengkaitkan dan menyimpulkan kedudukan bilangan asli, bilangan cacah,
bilangan bulat dan bilangan pecahan, serta bilangan rasional
§ Menceritakan
masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan ke dalam
bahasa sendiri, dalam bentuk diagram, ataupun ke bentuk representasi lainnya
§ Menjelaskan
konsep, operasi hitung yang sesuai dari masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
§ Menetukan
model atau kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
§ Memilih
strategi atau cara dan menyelsaikan model atau kalimat matematika dari
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan
pecahan
§ Menetukan
solusi dan memeriksa masuk akalnya solusi dari masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan operasi hitung atau aljabar yang dikuasai, contoh masalah yang
diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah bilangan dan pecahan
dalam konteks sehari-hari
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa
ingin tahu
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan bilangan kemudian disusun , didiskusikan dan
direfleksikan
Tes
Mengerjakan lembar
kerja berkaitan bilangan bulat dan pecahan
§ penjumlahan
§ pengurangan
§ perkalian
§ pembagian
|
15 JP
|
Buku teks matematika
Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga operasi
bilangan
|
3.5. Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat
generalisasi (kesimpulan)
4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan
masalah.
|
Bilangan
·
Pola Bilangan
|
Mengamati
§ Mengamati
video/foto atau peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan pola bilangan, pola geometris, atau pola peristiwa ,
seperti menentukan pola
selanjutnya dari deretan kursi, pola kejadian suatu bencana, dsb.
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana dulu manusia mengenal
dan menggunakan suatu pola?
Apa itu pola?
Bagaimana menentukan pola
berikutnya?bagaimana menentukan suatu pola
§ Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan berbagai konsep pola bilangan, misal: adalah
bagaimana menerapkan memprediksi event, kejadian, peristiwa berikutnya
berdasar pola yang teramati? Seberapa akurat/teliti pola
Mengeksplorasi
§ Mendiskusikan dan menjelaskan alasan dalam memprediksi
berbagai kemungkinan pola bilangan, pola geometris berdasarkan data yang
disediakan
§ Menyusun atau membuat pola bilangan dan pola geometris
tertentu dan meminta teman dalam kelompok untuk memprediksi polanya dan
menjelaskan alasan logis yang dibuatnya
§ Mendiskusikan dan menjelaskan alasan dalam memprediksi
aturan dari barisan bilangan dan barisan geometris berdasarkan data yang
disediakan
§ Menyusun atau membuat barisan bilangan dan barisan
geometris tertentu dan meminta teman dalam kelompok untuk memprediksi aturan
dan menjelaskan alasan logis yang dibuatnya
§ Dengan
permainan beberapa siswa memperagakan pola bilangan dengan alat peraga
(kartu, batang korek api, kelereng, dll) secara kreatif.
§ Secara
demokratis berkelompok melakukan demonstrasi untuk mengenalkan pola barisan
bilangan. Dari aktivitas tersebut
dapat menemukan apa yang dimaksud dengan pola barisan bilangandan menemukan
unsur-unsur pada masing-masing pola barisan bilangan yang ada dengan penuh
tanggung jawab
§ Secara
berkelompok melakukan observasi pada
barisan aritmatika dan barisan geometri dengan teliti. Dari aktivitas itu
Peserta Didik diharapkan dapat memahami pengetian barisan aritmatika, barisan
geometri, perbedaan barisan aritmatika dan barisan geometri dan
unsur-unsurnya. Selanjutnya Peserta Didik dibimbing untuk menentukan suku tertentu dari barisan
aritmatika dan barisa geometri.
Mengasosiasi
§ Mengidentifikasi, menganalisis dan membedakan pola, barisan dan deret berdasarkan
hasil pengamatan pola, barisan dan deret
§ Menetapkan aturan dan kriteria suatu barisan dan
menuliskan, menggambarkan barisan yang terjadi
§ Menganalisis perbedaan pola barisan aritmetika dengan
barisan geometri
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan menentukan
suatu pola, contoh masalah yang diselesaikan dengan bahasa
yang jelas, sederhana, dan sistematis
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan pola bilangan
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah seputar pola
Observasi
§ Mengamati
ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau
presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan pola bilangan kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan
lembar kerja berkaitan dengan pola suatu bilangan
§ Menilai
keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan suatu pola
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas
7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga pola bilanagn
|
3.6.
Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas;
3.8. Menaksir dan menghitung luas permukaan
bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan
prinsip-prinsip geometri;
4.7.
Menyelesaikan permasalahan
nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang,
belahketupat, dan layang-layang.
|
Segiempat dan Segitiga
· Sifat-sifat Segiempat
· Keliling dan Luas Segiempat
· Sifat-sifat Segitiga
· Luas dan Keliling Segitiga
|
Mengamati
§ Mengamati
gambar/foto/video dari peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi
yang berkaitan dengan penerapan konsep segitiga dan segiempat, seperti pembuatan
sebuah rangkai atap bangunan yang berbentuk segitiga, bentuk jendela, kaca,
pintu, kebun berpetak dan lain sebagainya
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana seorang tukang
bangunan, arsitek, desainer interior, dsb dalam membuat sebuah rangkaian
bangunan yang melibatkan bentuk segitiga dan segiempat.
§ Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek segitiga dan segempat, misal
bagaimana menyusun modelnya, melukisnya, dsb serta penerapan bangun datar
pada kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasi
§ Mengidentifikasi dan menjelaskan benda-benda dengan
permukaaan berbentuk segitiga atau segiempat yang bersifat alamiah ataupun
buatan manusia untuk kepentingan estetik, fungsi, manfaat, ataupun fungsi
ergonomisnya
§ Menggambar
atau melukis segitiga dan
segi empat dengan berbagai ukuran sisi, sudut dan modelnya. Mengukur sudutnya dengan dengan
menggunakan busur derajat
§ Menentukan
jenis, sifat dan
karakteristik segitiga dan segiempat berdasarkan ukuran dan hubungan antar sudut dan sisi-sisi
§ Mendiskusikan dan menemukan rumus untuk menghitung
keliling dan luas persegi panjang dan segitiga melalui pengamatan atau
eksperimen
§ Menggambar, mendemonstrasikan atau memperagakan
berbagai bangun segitiga dan persegi panjang dengan luas atau keliling
tertentu dengan bantuan alat atau tanpa alat peraga
§ Mendiskusikan dan menjelaskan cara menghitung luas segi
empat lainnya (trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang)
atau bangun gabungan melalui pengamatan atau eksperimen
§ Mendiskusikan cara menaksir luas bangun datar tidak
beraturan
§ Melukis
segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu
sisi dan dua sudut
§ Melakukan
diskusi cara melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki, garis bagi , garis berat dan
garis sumbu
§ Mendiskusikan, membahas dan menjelaskan serta
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan sisi-sisi, sudut
pada segitiga dan segi empat serta masalah keliling dan luas
§ menyusun
beberapa potongan puzzle menjadi bangun segi
empat tertentu serta mendiskusikan dan mengidentifikasi sifat – sifat
persegi , persegi panjang , trapezium , jajaran genjang belah ketupat dan
layang-layang melalui bangun- bangun datar.
Mengasosiasi
§ Menganalisis dan melukis berbagai jenis segitiga dengan
karakteristik tertentu dengan menggunakan penggaris dan jangka
§ Menganalisis, mengkaitkan dan mendefinisikan secara
lebih persis perbedaan dan persamaan segitiga siku-siku, segitiga sama kaki,
segitiga sama sisi, segitiga lancip, segitiga tumpul, persegi, persegi
panjang, trapezium, jajar genjang, belah keupat, layang-layang
§ Menganalisis persamaan dan perbedaan dari garis tinggi,
garis bagi, garis berat, dan garis sumbu suatu segitiga
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan mengidentifikasi
sifat-sifat segitiga yang dikuasai, contoh menyebutkan sifat-sifat segitiga dari hasil
pengamatan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan mengidentifikasi sifat-sifat segiempat yang dikuasai, contoh menyebutkan
sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan segiempat dan
segitiga
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah segitiga dan mencari informasi seputar macam-macam segiempat
Observasi
§ Mengamati
ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau
presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan segiempat dan segitiga kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan
lembar kerja berkaitan dengan segitiga dan segiempat
§ Menilai
keterampilan memecahkan permasalahan keseharian yang melibatkan segitiga dan segiempat
|
25 JP
|
Buku teks matematika Kelas
7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga segiempat dan segitiga
|
|
|
Garis dan Sudut
(Pengayaan)
Mengamati
§ Mengamati
gambar/foto/video dari peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penerapan konsep garis dan sudut
seperti pembuatan
sebuah rangkai atap bangunan yang membentuk garis dan sudut
§ Mengamati
tayangan gambar/video misalkan objek bangunan, tiang listrik, jalur rel
kereta api, dan sebagainya untuk menentukan kedudukan dua garis
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana seorang tukang
bangunan, arsitek, desainer interior, dsb dalam membuat sebuah rangkaian
bangunan yang melibatkan bentuk garis dan sudut.
§ Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek garis dan sudut, misal
bagaimana menyusun modelnya, melukisnya, dsb serta penerapan garis dan
sudut pada kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasi
§ Mengidentifikasi dan menjelaskan benda-benda yang
melibatkan sudut dan garis yang bersifat alamiah ataupun buatan manusia untuk
kepentingan estetik, fungsi, manfaat, ataupun fungsi ergonomisnya
§ Menggambar
atau melukis garis dan
sudut dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat
§ Menentukan
titik, garis, dan bidang
§ Menentukan kedudukan kedua garis
§ Menentukan hubungan antar sudut dengan menggunakan alat
peraga mapun tanpa alat peraga
Mengasosiasi
§ Menganalisis dan melukis berbagai garis dan sudut dengan
karakteristik tertentu dengan menggunakan penggaris, jangka, dan busur derajar
§ Menganalisis, mengkaitkan hubungan antara garis dengan
sudut
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan mengidentifikasi
tentang kedudukan garis dan hubungan antar sudut
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan mengidentifikasi sifat-sifat segiempat yang dikuasai, contoh menyebutkan
sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan garis dan sudut
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar garis dan sudut
Observasi
§ Mengamati
ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau
presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan garis dan sudut kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan
lembar kerja berkaitan dengan garis dan sudut
§ Menilai
keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan suatu garis dan sudut
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas
7 Kemdikbud,
lingkungan.
Alat peraga bilan gan,
berbagai bangun
|
3.4 Memahami konsep
perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam
mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih;
4.4.
Menggunakan konsep
perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan
tabel dan grafik.
4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang
tidak diketahui menggunakan grafik
|
Perbandingan dan Skala
·
Pengertian Perbandingan
·
Jenis-jenis Perbandingan
·
Skala sebagai
perbandingan
|
Mengamati
§ Mengamati
gambar/foto/video peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep perbandingan, seperti peta, denah, maket, foto, komposisi bahan makanan pada
resep, komposisi obat pada resep obat, dsb
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa
dengan bertanya: misal bagaimana dulu manusia untuk membedakan ukuran berat dari dua buah besaran
yang berbeda? Mengapa konsep perbandingan sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari? Sebutkan penerapan konsep perbandingan yang kalian
ketahui? Apa perbedaan Perbandingan dengan membandingkan selisih diantara dua buah
benda dengan membandingkan hasil bagi dari dua buah benda
§ Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan berbagai penerapan konsep perbandingan,
misal: bagaimanana
membuat denah untuk objek 3 dimensi, teknik membaca/ mendeskripsikan peta,
dsb
Mengeksplorasi
§ Menggambar denah atau peta letak suatu benda/rumah
dengan benda-benda lain tanpa skala dan dengan skala dilengkapi dengan
unsur-unsur pelengkap peta
§ Mendiskusikan, membahas dan menentukan nilai
perbandingan atau skala dari peta, serta menghitung ukuran sebenarnya benda
dalam peta/denah/foto berdasarkan skalanya
§ Melakukan
pengukuran pada model (gambar, denah, peta) untuk menentukan jarak atau ukuran
sebenarnya
§ Mendiskusikan,
membahas dan menentukan nilai perbandingan dari komposisi bahan makanan,
bahan obat pada resep, bahan bangunan dsb serta menghitung bahan yang diperlukan
dalam resep/gedung dsb berdasarkan nilai perbandingan.
§ Menjelaskan, mendeskripsikan, menggambarkan dalam
bentuk ilustrasi, gambar, diagram ataupun cara lainnya serta merumuskan model
matematika dari konsep perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu
besaran dengan besaran lain berbentuk perbandingan
seharga(senilai), perbandingan berbalik harga(nilai) baik yang bersifat linear ataupun non linear dalam
masalah sehari-hari ataupun dalam matematika
§ Mendiskusikan
masalah dan strategi menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan konsep
perbandingan serta membaca table atau grafik untuk membantu menyelesaikan
masalah perbandingan untuk menaksir nilai besaran yang belum diketahui
Mengasosiasi
§ Mengidentifikasi,
menganalisis dan menemukan atau merumuskan melalui pengamatan pola untuk
menentukan jumlah atau kuantitas suatu besaran apabila nilai perbandingan dan
selisih atau jumlah dua besaran diketahui
§ Menganalisis fenomena, peristiwa, kejadian suatu
besaran untuk menyimpulkan perbandingan senilai atau perbandingan berbalik
nilai berdasarkan data yang diketahui
§ Menganalisis dan memprediksi atau menyimpulkan batasan
atau ketentuan berlakunya hubungan dua besaran yang bersifat fungsional
dengan perbandingan tertentu
§ Membuat keterkaitan antara penyelesaian suatu
permasalahan yang melibatkan perbandingan dengan tabel dan grafik
§ Membuat kesimpulan cara yang termudah dan keakuratan
dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang melibatkan konsep perbandungan
apakah dengan tabel atau grafik.
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan penerapan
konsep perbandingan yang dikuasai, contoh menyelesaikan permasalahan yang melibatkan konsep
perbandingan
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan perbandingan
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari seputar penggunaan perbandingan dan skala
dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa
ingin tahu
§ dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan perbandingan dan skala kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan lembar
kerja berkaitan perbandingan:
§ identifikasi hubungan fungsional seharga, berbalik
nilai, linear dan non linear
§ penerapan perbandingan dalam matematika dan di luar
matematika
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas
7 Kemdikbud,
Peristiwa sehari-hari dan lingkungan.
|
3.3 Menyelesaikan Menyelesaikan persamaan dan
pertaksamaan linear satu variabel
4.3 Membuat dan menyelesaikan model
matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel.
|
Persamaan dan Pertidaksmaan Linear satu Variabel
·
Kalimat Tertutup
·
Kalimat Terbuka
·
Pengertian Persamaan
Linear Satu Variabel
·
Pengertian Pertidaksamaan
Linear Satu Variabel
·
Penyelesaian Pertidaksamaan
Linear Satu Variabel
|
Mengamati
§ Mengamati
gambar/foto/video peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan hubungan fungsional atau penggunaan persamaan linear satu
variabel, seperti panas benda dengan ukuran panjang, kecepatan dan jarak
tempuh dsb, serta hubungan fungsional atau penggunaan pertidaksamaan linear
satu variabel, seperti., seperti usia minimal mendapatkan SIM, tonase
kendaraan angkut dsb.
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya berbagai kejadian perubahan besaran yang berakibat pada perubahan
besaran lainnya
§ Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan bagaimana tingkat pengaruh perubahan
berdampak pada perubahan besaran lainnya, misal: kecepatan datangnya banjir
dengan lebar sungai, kecepatan berbagai jenis kendaraan yang dipengaruhi oleh
kndisi jalan, dsb
Mengeksplorasi
§ Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang merupakan hubungan fungsional atau berkaitan dengan
persamaan/pertidaksamaan linear satu variable
§ Menyatakan berbagai peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang ke bentuk ekspresi aljabar secara umum dan yangberupa
persamaan/pertidaksamaan linear satu variable
§ Menyatakan suatu persamaan/pertidaksamaan linear satu
variable ke dalam bahasa verbal sehari-hari dan memberikan
contoh-contoh peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi tersebut
§ Mendeskripsikan dan mengidentifikasi variable,
koefisien, konstata dan derajat dari persamaan/pertidaksamaan linear satu
variable
§ Mendiskusikan
cara penyelesaian persamaan linear/pertidaksamaan satu variabelmelalui
memanipulasi aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana yang setara
dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi
dengan bilangan yang sama
§ Mendiskusikan
dan menjelaskan perbedaan
kesamaan, persamaan, ketidaksamaan, dan pertidaksamaan, persamaan linier satu variabel
dan pertidaksamaan linier satu variabel
§ memberikan
contoh kasus keseharian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel dan menyusunnya dalam model matematika yang sesuai.
Mengasosiasi
§ mengidentifikasi, menganalisis dan mendeskripsikan
kalimat terbuka atau tertutup bentuk linear, kalimat yang memiliki nilai
kebenaran, kalimat yang tidak memiliki nilai kebenaran
§ Mengidentifikasi, menganalisis dan menjelaskan
argumentasi kesetaraan berbagai bentuk persamaan/pertidaksamaan linear satu
variabel
§ Menganalisis, memodelkan dan keterkaitan antara bentuk
persamaan/pertidaksamaan nonlinear satu variable yang dapat diselesaikan
dengan mengubah ke bentuk linear
§ Menyimpulkan dan menguji kebenaran pengertian
persamaan/pertidaksamaan linear satu variable berdasarkan contoh-contoh yang
telah dipelajari
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel, contoh
masalah persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel yang diselesaikan
dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar penggunaan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa
ingin tahu
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan lembar
kerja berkaitan persamaan
linear:
§ bentuk verbal/konteks dari PLSV/ PtLSV
§ kesetaraan PLSV/ PtLSV
§ solusi PLSV/ PtLSV
|
20 JP
|
Buku teks matematika Kelas
7 Kemdikbud, lingkungan.
|
4.2
Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana.
|
Aritmetika Sosial
·
Nilai Suatu Barang
·
Harga Penjualan
·
Harga Pembelian
·
Untung
·
Rugi
·
Diskon, Pajak, Bruto, Tara,
dan Netto
·
Bunga Tunggal
|
Mengamati
§ Mengamati
peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan
penggunaan konsep aljabar dalam masalah aritmatika sosial, seperti proses
transaksi jual beli dalam perdagangan disebuah kantin sekolah, bentuk lembah
gunung, reproduksi makhluk hidup dsb.
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya bagaimana aktifitas sehari-hari yang
melibatkan penggunaan bilngan, besaran-besaran yang nilai dipengaruhi oleh
besaran lain, misal:harga dan kualitas barang, kecepatan dan waktu tempuh,
dsb.
§ Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan apakah berbagai kejadian sehari-hari dapat dimodelkan dengan rumus
tertentu, dsb.
Mengeksplorasi
§ Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi atau bentuk aljabar
§ Menyatakan suatu bentuk aljabar ke dalam bahasa verbal
sehari-hari dan memberikan contoh-contoh peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi tersebut
§ Mendeskripsikan dan mengidentifikasi variable,
koefisien, konstata dan derajat dari ekpresi aljabar
§ Mendiskusikan,
membahas, mengidentifikasi dan mendeskripsikan masalah sederhana aritmetika
social (seperi berbagai bentuk transaksi jual beli, pendapatan dan belanja di
keluarga atau lembaga, simpan pinjam, bunga kredit, deposito, tabungan, dsb)
serta menyatakan bentuk aljabarnya ke dalam berbagai bentuk penyajian.
§ Melakukan
pengamatan kegiatan perdagangan di pasar, warung, kantin sekolah, kemudian
membuatkan model matematikanya
§ melakukan
pendataan melalui wawancara antar anggota sekolah mengenai pengalaman
transaksi ekonomi (nama barang, harga beli, harga jual), kemudian mengolah
data (untung/rugi) dan mempresentasikannya serta menyimpulkan bersama apa yang dimaksud
pengertian harga jual, beli, untung dan rugi.
§ Menimbang
barang/makanan kemasan yang berisi netto (dalam gram) dengan neraca ohauss
dan membuat tabel yang berisi nilai
berat hasil timbangan(brutto), berat pada kemasan(netto), dan menghitung
selisihnya.
§ Menjelaskan,
merumuskan model matematika, memilih dan menerapkan strategi melalui
manipulasi alajabar untuk menyelesaikan masalah aritmetika social sederhana
(seperti masalah harga produksi, jual, beli, untung, dan rugi, masalah berat
neto, bruto, dan tara)
Mengasosiasi
§
Menganalisis penerapan konsep aljabar yang terkait dalam aritmatika
social sederhana
§ Merumuskan suatu permasalahan aritmatika social
sederhana dengan menggunakan model matematika
Mengomunikasikan
- Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan penerapan konsep aljabar dalam menyelesaikan suatu permasalahan
aritmatika sederhana yang dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan
bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
- Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan aritmatika sosial
sederhana
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah seputar perdagangan
Observasi
§ Mengamati
ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau
presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan aritmatika sosial kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan
lembar kerja berkaitan dengan konsep aljabar yang diterapkan dalam masalah aritmatika social sederhana
§ Menilai
keterampilan menyelesaikan
suatu permasalahan yang melibatkan konsep aljabar
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas
7 Kemdikbud, Peristiwa sehari-hari, lingkungan.
Uang mainan, barang di
sekolah
|
3.7.
Mendeskripsikan lokasi benda
dalam koordinat Cartesius;
|
Transformasi
·
Bidang Cartesius
|
Mengamati
§ Mengamati
gambar/tayangan atau peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan penggunaan koordinat Cartesius, seperti letak sebuah benda
di suatu lokasi, posisi masing-masing pion pada papan catur.
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana seorang nahkoda kapal menentukan arah
perjalanannya ketika sedang berlayar? Mengapa koordinat Cartesius digunakan
dalam keseharian? Dalam apa saja digunakan koordinat Cartesius? Apa manfaat
penggunaan bidang koordinat Cartesius dalam kehidupan sehari-hari? bagaimana
menentukan posisi suatu benda?
§ Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan berbagai penerapan koordinat Cartesius,
misal: apa itu bidang Cartesius? Bagaimana cara menetapkan acuan letak suatu
benda di muka bumi? Bagaimana
peran satelit dalam menentukan letak benda secara persis secara relative
dengan benda lainnya? Apa hubungannya dengan garis lintang dan bujur?
Mengeksplorasi
§ Melakukan
pengamatan di lingkungan sekolah kemudian membuatkan denah lokasi tersebut
dan mampu menunjukan letak posisi suatu benda pada denah yang digambarkan
§ Mendengar deskripsi atau mendeskripsikan letak benda
atau jarak suatu tempat dan posisi relatifnya dengan benda atau objek, serta
menggambarnya ke dalam denah/peta
§ Menjelaskan atau mendeskripsikan pengertian, manfaat,
tingkat kepentingan dan aspek kepraktisan system koordinat untuk
menggambarkan posisi benda dengan benda lainnya
§ Melakukan
diskusi untuk menggambar
bangun datar pada bidang koordinat Cartesius, menentukan posisi suatu benda pada sebuah denah, titik, garis pada bidang Cartesius
Mengasosiasi
§ Menganalisis dan merumuskan cara termudah membuat denah letak
suatu benda, bangun datar ataupun ojek lainnya
§ Membahas atau mengenal system koordinat lainnya
(misal koordinat polar)
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan menentukan
letak suatu benda pada bidang Cartesius, contoh menyebutkan letak suatu titik, garis, dan bangun
datar pada bidang Cartesius
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep
yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan koordinat
Cartesius
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar penerapan Cartesius dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
§ Mengamati
ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau
presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan koordinat cartesius kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan
lembar kerja berkaitan dengan lokasi benda pada bidang Cartesius
§ Menilai
keterampilan memecahkan permasalahan yang melibatkan bidang Cartesius
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas
7 Kemdikbud
, Peristiwa sehari-hari,
lingkungan.
Uang mainan, barang di
sekolah\
|
3.9.
Memahami konsep transformasi
(dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan obyek-obyek geometri;
4.5. Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik;
4.6
Menerapkan prinsip-prinsip
transformasi (dilatasi, translasi, pencerminanan, rotasi) dalam menyelesaikan
permasalahan nyata.
|
Transformasi
·
Translasi (Pergeseran)
·
Refleksi (Pencerminan)
·
Rotasi (Perputaran)
·
Dilatasi (Perkalian)
|
Mengamati
§ Mengamati
gambar/tayangan/peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan penggunaan transformasi, seperti bayangan pada sebuah
cermin, hasil pembesaran atau pengecilan sebuah photo, jarak yang ditempuh
suatu kendaran dari tempat semula, dan lain sebagainya
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana cara menggambarkan sebuah bayangan pada cermin ?
Mengapa transformasi
(dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) sangat diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari? Apa
manfaatnya?
§ Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan berbagai penerapan transformasi, misal: bagiamana
jika dalam kehidupan tak ada transformasi?Bagaimana seorang nahkoda dalam
menentukan arah yang kan dilalui, dsb
Mengeksplorasi
§ Membahas, berdiskusi dan menjelaskan konsep, ciri-ciri
transformasi geometri berupa dilatasi (perkalian, perbesaran, kontraksi, kompresi),
translasi (pergeseran/
perpindahan), refleksi (pencerminan) dan rotasi (perputaran) dan komposisinya dengan bantuan diagram/gambar atau
perangkat IT
§ Menjelaskan, menggambarkan dan menentukan
hasil bayangan pencerminan pada bidang Cartesius; hasil translasi suatu titik; hasil rotasi suatu titik,
garis, dan bangun datar; hasil
dilatasi suatu
titik, garis, dan bangun datar dari hasil dilatasi
§ Menjelaskan, menggambarkan dan menentukan
hasil komposisi
tranformasi suatu titik, garis, dan bangun datar
Mengasosiasi
§ Menganalisis
persamaan dan perbedaan
serta merumuskan sifat dilatasi, translasi, pencerminan dan
rotasi
§ Menganalisis hasil dari dilatasi dengan berbagai posisi
titik pusat
§ Menganalisis
hasil dari rotasi dengan berbagai posisi titik pusat
§ Mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan transformasi geometri
Mengkomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan menentukan
hasil transformasi
(dilatasi, translasi, pencerminan dan rotasi) yang dikuasai, contoh masalah
yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan transformasi
§ Mencari
informasi penggunaan
transformasi dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
§ Mengamati
ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau
presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan transformasi (translasi, refleksi, rotasi, dan
dilatasi) kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan
lembar kerja berkaitan dengan translasi
§ Menilai
keterampilan memecahkan masalah secara tertulis
|
20 JP
|
Buku teks matematika Kelas
7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat perag bangun datar
|
3.11
Memahami teknik penataan
data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran,
dan grafik garis
4.8. Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil
pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
|
Statistika
· Pengertian Data
· Pengumpulan Data
· Pengolahan data
· Penyajian Data
|
Mengamati
§ Mengamati
gambar/foto/tayangan/peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan data, contoh pengukuran tinggi badan, pengukuran berat
badan, pencacahan jumlah penduduk, tabel, grafik, batang, diagram lingkaran
dan grafik garis, seperti penggunaan hasil survey lembaga tentang partai politik,
dsb
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana cara mendapatkan data jumlah pertumbuhan
penduduk tiap tahun? Mengapa pengolahan data sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari?
§ Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek statistik, misal: bagaimana
keandalan data untuk memprediksi suatu peristiwa, bagaimana menentukan
peluang kejadian tertentu, dsb
Mengeksplorasi
§ Menjelaskan berbagai informasi dari suatu objek atau
benda misal: warna, bentuk, bahan, asal, nama dan sebagainya.
§ Membahas, memberi contoh, dan mendeskripsikan populasi
sebagai sekumpulan data yang memiliki karakteristik sama dan menjadi objek
inferensi, penggambaran atau deskripsi dari populasi tersebut, misal: populasi
siswa, hewan, perangkat/perkakas benda.
§ Menjelaskan dan mendeskripsikan data sebagai informasi
yang dicatat dan dikumpulkan berupa hasil hitungan atau pengukuran dari suatu
objek atau benda misal: berat, ukuran, tinggi, lebar, volume, dan sebagainya
§ Berdiskusi dan menyusun lembar isian, formulir, atau
kuesioner serta melakukan pengumpulan suatu data dengan cara pengukuran,
pengamatan, dan pencacahan untuk mendapatkan data dan informasi dari beberapa teman sekelas, misal:
nama, usia, berat dan tinggi badan, tempat dan tanggal lahir, jumlah saudara,
dsb
§ Menyajikan hasil pengumpulan data ke bentuk table
biasa, table frekuensi, diagram batang, garis dan lingkaran, grafik dengan
menggunakan skala serta dilengkapi keterangan dan judul yang tepat
§ Secara
berkelompok melakukan demonstrasi
dalam mengumpulkan, dan mengklasifikasi data tunggal yang berasal dari
kehidupan sehari-hari, misalkan mengukur tinggi badan, menimbang berat badan,
mencacah jumlah keluarga, mengukur panjang daun, menghitung banyaknya kendaraan
yang melintas di perempatan dalam jangka
waktu tertentu dengan penuh tanggung jawab.
§ Menjelaskan
dan mendeskripsikan pengertian
data tunggal, mengolah dan
menyajikannya dalam bentuk tabel atau diagram secara mandiri
§ Mengolah,
mengurutkan, mengklasifikasi dan menyajikan data berkelompok dan tidak
berkelompok (tunggal) untuk menentukan deskripsi data seperti ukuran
pemusatan (rata-rata, median, modus, kuartil), ukuran penyebaran data
(range/jangkauan, simpangan kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku)
ataupun mendeskripsikan table atau grafik agar lebih mudah dibaca dan
dimaknai
§ Mengolah,
mengurutkan, mengklasifikasi dan menyajikan data berkelompok dan tidak
berkelompok (tunggal) untuk melakukan inferensi seperti memprediksi nilai observasi masa
depan berdasarkan perilaku data, menentukan hubungan antar data, atau
menafsirkan dan mengambil keputusan berdasar analisis data
§ Mencari
informasi bagaimana menyajikan data dalam bentuk diagram dengan perangkat pengolah kata dan pengolah data dengan teliti. Kemudian, Peserta Didik
membuat sembarang data dan menyajikannya dalam bentuk diagram batang, garis,
atau lingkaran (simulasi program komputer)
Mengasosiasi
§ Mengidentifikasi,
menganalisis dan menyimpulkan jenis hasil pengumpulan data dari berbagai
objek, misal: data jenis kelamin, agama, warna kulit, dsb; data tingkat pendidikan,
tingkat kepuasan, dsb; data tahun, temperature, dsb; dan data pengukuran
ukuran benda, tinggi, dsb
§ Mengidentifikasi,
menganalisis dan menyimpulkan perbedaaan dan persamaan hasil penafsiran,
deskripsi atau statistic dari dua kelompok data sejenis atau apabila objek
pengumpulan data dipilih dengan kriteria tertentu
§ Menganalisis dan memberi penjelasan alasan proses
pembacaan data yang paling mudah, apakah dengan tabel, diagram, atau grafik.
Mengkomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan pengolahan
data
yang dikuasai, contoh bagaimana cara melakukan pengolahan data dari hasil pengukuran,
pencacahan, dan lain sebagainya
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan penyajian datadalam
bentuk tabel, diagram, dan grafik, contoh bagaimana cara melakukan penyajian
data dari hasil pengukuran, pencacahan, dan lain sebagainya.
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan data
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: melakukan survei suatu data
Observasi
§ Mengamati
ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau
presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan statistika terutama penyajian dan pengolahan
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan
lembar kerja berkaitan dengan pengolahan data, penyajian data.
§ Menilai
keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan penyajian data
|
15 JP
|
Buku teks matematika Kelas
7 Kemdikbud,
Data sehari-hari,
lingkungan.
Data faktual
|
3.10.
Menemukan peluang empirik dari
data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan
sekelompok data;
4.9
Melakukan percobaan untuk
menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan
grafik.
|
Peluang
· Ruang sampel
· Pengertian Peluang
· Komplemen Kejadian
|
Mengamati
§ Mengamati
gambar/tayangan peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan peluang empirik, seperti peluang munculnya angka pada
pelemparan sebuah koin, peluang munculnya angka pada kuis, dan peluang
pengambilan sebuah kelereng pada sebuah kotak.
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana kemungkinan besok terjadi hujan?
Berapa kemungkinan
seorang nasabah dating ke bank dalam sebulan? dsb
§ Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan seputar peluang, misal: bagaimana alasan,
ciri atau sifat peristiwa atau kejadian yang bersifat pasti, memiliki peluang
tinggi atau rendah, atau tidak berpeluang sama sekali?
Mengeksplorasi
§ Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan berbagai
kejadian sehari-hari yang bersifat pasti terjadi, tidak mungkin terjadi, dan
mungkin terjadi dikaitkan dengan peluang kejadian.
§ Membahas,
mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari yang bersifat
acak atau random, yaitu kejadian yang hasilnya atau terjadinya tidak dapat
dipengaruhi atau dikondisikan dan tidak acak dikaitkan dengan peluang
kejadian.
§ Menjelaskan
dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara sederhana (klasik)
melalui percobaaan atau eksperimen statistic melempar uang logam atau koin,
dadu, dsb, terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau terjadinya muka dadu
berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, dari sejumlah pelemparan serta mencatat hasil
kejadiannya ke dalam table
§ Menjelaskan
berdasarkan hasil berbagai percobaan dan melalui contoh pengertian ruang
sample sebagai kumpulan semua kejadian mungkin terjadi dari percobaan serta
titik sampel yang merupakan kejadian sebagai unsur, elemen atau anggota dari
ruang sample, melalui diagram atau cara lainnya
§ Mendalami
lebih lanjut, dengan berkelompok melakukan percobaan lainnya misal mengambil
bola dengan berbagai warna dan jumlah tertentu dari sebuah kantong kemudian siswa
diminta mengambil salah satu bola secara acak, siswa menebak bahwa bola yang
kemungkinan besar terambil adalah bola warna kuning. Kemudian, siswa menanggapi benar atau tidaknya
pernyataan tersebut sambil memberikan alasannya secara demokratis.
§ Menjelaskan
dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara empirik melalui melempar
berkali-kali sampai tak terhingga uang logam atau koin, dadu, dsb, kemudian
mencatat frekuensi relative terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau
terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, serta disajikan ke dalam
table
Mengasosiasi
§ Mendiskusikan,
menganalisis dan menyimpulkan melalui contoh serta mengujinya melalui
percobaan tentang konsep peluang secara logis/aksiomatik sebagai rasio atau
perbandingan dari jumlah cara terjadinya suatu peristiwa dibagi dengan jumlah
cara terjadi semua kejadian.
§ Mengidentifikasi,
menganalisis dan mendeskripsikan konsep peluang sebagai tingkat kemungkinan
suatu peristiwa terjadi berdasarkan faktor-faktor kualitatif, pengalaman
dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, misal: peluang seorang calon bupati terpilih
adalah 60%, dsb
§ Mendiskusikan, menganalisis dan menyimpulkan arti
peluang suatu kejadian bernilai 0, antara 0 dan 1, dan bernilai 1
§ Menganalisis dan merumuskan peluang empiric berdasarkan
hasil percobaaan
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan menentukan peluang, contoh mencari peluang emprik dari suatu
percobaan.
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya
Mengamati
§ Mengamati
gambar/tayangan peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan peluang empirik, seperti peluang munculnya angka pada
pelemparan sebuah koin, peluang munculnya angka pada kuis, dan peluang
pengambilan sebuah kelereng pada sebuah kotak.
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana kemungkinan besok terjadi hujan?
berapa kemungkinan seorang
nasabah dating ke bank dalam sebulan? dsb
§ Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan seputar peluang, misal: bagaimana alasan,
ciri atau sifat peristiwa atau kejadian yang bersifat pasti, memiliki peluang
tinggi atau rendah, atau tidak berpeluang sama sekali?
Mengeksplorasi
§ Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan berbagai
kejadian sehari-hari yang bersifat pasti terjadi, tidak mungkin terjadi, dan
mungkin terjadi dikaitkan dengan peluang kejadian.
§ Membahas,
mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari yang bersifat
acak atau random, yaitu kejadian yang hasilnya atau terjadinya tidak dapat
dipengaruhi atau dikondisikan dan tidak acak dikaitkan dengan peluang
kejadian.
§ Menjelaskan
dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara sederhana (klasik)
melalui percobaaan atau eksperimen statistic melempar uang logam atau koin,
dadu, dsb, terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau terjadinya muka dadu
berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, dari sejumlah pelemparan serta mencatat hasil
kejadiannya ke dalam table
§ Menjelaskan
berdasarkan hasil berbagai percobaan dan melalui contoh pengertian ruang
sample sebagai kumpulan semua kejadian mungkin terjadi dari percobaan serta
titik sampel yang merupakan kejadian sebagai unsur, elemen atau anggota dari
ruang sample, melalui diagram atau cara lainnya
§ Mendalami
lebih lanjut, dengan berkelompok melakukan percobaan lainnya misal mengambil
bola dengan berbagai warna dan jumlah tertentu dari sebuah kantong kemudian siswa
diminta mengambil salah satu bola secara acak, siswa menebak bahwa bola yang
kemungkinan besar terambil adalah bola warna kuning. Kemudian, siswa menanggapi benar atau tidaknya
pernyataan tersebut sambil memberikan alasannya secara demokratis.
§ Menjelaskan
dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara empirik melalui melempar
berkali-kali sampai tak terhingga uang logam atau koin, dadu, dsb, kemudian
mencatat frekuensi relative terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau
terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, serta disajikan ke dalam
table
Mengasosiasi
§ Mendiskusikan,
menganalisis dan menyimpulkan melalui contoh serta mengujinya melalui
percobaan tentang konsep peluang secara logis/aksiomatik sebagai rasio atau
perbandingan dari jumlah cara terjadinya suatu peristiwa dibagi dengan jumlah
cara terjadi semua kejadian.
§ Mengidentifikasi,
menganalisis dan mendeskripsikan konsep peluang sebagai tingkat kemungkinan
suatu peristiwa terjadi berdasarkan faktor-faktor kualitatif, pengalaman
dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, misal: peluang seorang calon bupati terpilih adalah
60%, dsb
§ Mendiskusikan, menganalisis dan menyimpulkan arti
peluang suatu kejadian bernilai 0, antara 0 dan 1, dan bernilai 1
§ Menganalisis dan merumuskan peluang empiric berdasarkan
hasil percobaaan
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan menentukan peluang, contoh mencari peluang emprik dari suatu
percobaan.
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan peluang
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah peluang dan penggunaannya dalam
kehidupan sehari-hari
Observasi
§ Mengamati
ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau
presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan peluang kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan
lembar kerja berkaitan dengan peluang, menentukan peluang, menentukan peluang empirik
§ Menilai
keterampilan menyelesaikan
permasalah yang melibatkan peluang
|
15 JP
|
Buku teks matematika Kelas
7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga koin, dadu,
benda lainnya
|
Komentar
Posting Komentar