Perforasi

          Perforating adalah suatu pekerjaan yang dilakukan untuk melubangi casing agar terjadi hubungan antara well bore dengan reservoir. Untuk melakukan hal ini dibutuhkan suatu alat yang disebut GUN.
perforasi

Gun

Seperti diketahui suatu sumur dikomplesi atau diselesaikan dengan memasang casing pada lubang sumur yang selesai dibor, kemudian casing disemen agar tidak terjadi komunikasi antar lapisan dan berikutnya adalah membuat sumur agar berproduksi dengan membuat komunikasi antara reservoir dan sumur dengan melakukan perforasi. Dengan perforasi maka produksi dari lapisan-lapisan dapat dilakukan secara selektif dan lapisan-lapisan yang tidak dikehendaki dapat tetap terisolasi dan tidak ikut terproduksi. Perforasi tentunya tidak dilakukan pada sumur-sumur “open hole” (lubang terbuka).
Perforasi adalah suatu cara yang dilakukan agar mendapatkan hubungan antara reservoir (subsurface) dengan permukaan (surface). cara ini digunakan agar dapat meningkatkan jumlah potensial yang dapat diproduksi dari reservoir kita. Sumur baru yang telah selesai di bor akan diisi KCl brine dengan SG 1.03 gr/cc guna mencegah kebocoran yang terdapat diseluruh rangkaian casing yang dapat mengakibatkan blow out/ semburan liar.
Kondisi zona disekitar sumur sangat mempengaruhi hasil dari perforasi, seperti aktivitas pemboran, penyemenan, dan pemasangan komplesi. Salah satu tujuan penyemenan casing sebenarnya adalah untuk mensuport casing, tetapi pada akhirnya semen juga akan menutupi zona produktif. Aktifitas pemboran juga merusak formasi karena pada saat pemboran filtratsi lumpur akan masuk kedalam formasi dan akan merusak properties dari formasi tersebut. Maka dari itu perforasi sangat penting untuk memastikan hubungan formasi dengan wellbore yang dilindungi oleh casing. Dengan memahami hubungan antara exsplosive shape charges, charge carrier system, wellbore dan reservoir, enginer dapat meningkatkan dan memaksimumkan produksi.
Fungsi dari perforasi antara lain :
  • Membuka komunikasi antara well bore dengan zona produksi
  • By pass damage yang disebabkan oleh filtrasi lumpur
  • Memberikan aliran linear ke lubang sumur
  • Mengurangi efek skin disekitar luang bor





Komentar

Postingan Populer